Jumat, 26 Maret 2010

Anjuran or Larangan???

Orang tua adalah orang yang harus dihormati, disayangi dan dipatuhi perintahnya. Selama itu tidak melanggar perintah Allah. Mereka ingin sekali kita sukses, berhasil, dan merasa bahagia. Dan terkadang bagaimanapun jalannya mereka tempuh agar apa yang terbaik untuk anaknya bisa didapatkannya. Alangkah mulianya orang tua kita. Demi anaknya beliau rela berkorban, apa pun. Tapi kita sebagai anak tidak merasakannya. Karena butanya hati kita. Terlalu bersemangat dengan yang diinginkan, sehingga kurang bisa berfikir dengan tenang dan jernih.

Sedangakn rasa kasih sayangnya yang berlebihan membuat kita merasakan suatu kekangan. Mungkin memang cara penyampaian yang kurang pas, membuat si anak menjadi merasa berat. Berat menerima keputusan orang tuanya. Berat juga untuk membatah perintah atau larangan atau anjuran orang tuanya.

Seorang anak hanya bisa diam pada waktu itu, akan tetapi dilain waktu dia akan mencoba menyampaikan lagi apa yang berada di dalam hatinya. Semua ini memang butuh waktu yang tepat dan cara yang pas. Karena apabila tidak pas dan tepat hasilnya akan menjadi tidak atau kurang baik. Bisa jadi, si anak akan kabur dari rumah atau berkata kasar kepada orang tuanya yang menimbulkan orang tua bisa berkata sumpah serapah.

Dimisalkan dengan, keinginan si anak untuk berkumpul dengan teman - teman yang selama ini bersama baik suka maupun duka, mungkin sudah sirna. Karena orang tua nya melarang dia untuk menghadiri acara yang telah diundangkan kepada si anak. Dengan tegasnya orang tua berkata, "ga' usah dateng." Setelah mendengar itu memang hati terasa ingin menangis. Kurang bisa menerima keputusan orang tuanya itu. Seperti alinea sebelumnya, mungkin waktu dan caranya kurang tepat. Sebagai anak yang baik, bisa menerima segala keputusan orang tua dan apabila merasa tidak cocok bisa menyampaikan dengan baik apa yang telah menjadi ganjalan di dalam hatinya itu.

Silahkan bagaimana menyimpulkan, apakah hal itu larangan atau kah anjuran bagi seorang anak dari orang tuanya...heee. Karena setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda.


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Dan mohon saran setelah membacanya. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar